Logistics Edisi : 242 / Maret 2022

Editorial : Maret 2022

Covid-19 Melandai, Pemerintah Kembali Longgarkan Aturan
Sejak awal tahun 2021 Pemerintah Indonesia menjalankan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). PEN merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk mengurangi dampak COVID-19 terhadap perekonomian. Selain penanganan krisis kesehatan, pemerintah juga menjalankan program ini sebagai respon atas penurunan aktivitas masyarakat yang berdampak pada ekonomi. Melandainya Covid-19 diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi, sehingga program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dapat dicapai sesuai dengan apa yang telah ditargetkan oleh pemerintah.
Pada awal maret 2022, pemerintah mengeluarkan kebijakan baru bagi pelaku perjalanan luan negeri  atau PPLN, dimana turis asing bisa masuk bali tanpa harus melakukan karantina. Uji penerbangan internasional tanpa karantina sudah dimulai pada senin (7/3/2022) dengan serangkaian persyaratan ketat yang sudah diterapkan oleh pemerintah.
Selain itu, pemerintah juga sudah memperbolehkan masyarakat untuk melakukan perjalanan umrah. Bandara Juanda Surabaya kebali melayani penerbangan langsung untuk jamaah umrah setelah dua tahun tidak beroperasi akibat pembatasan perjalanan di masa pandemi covid-19. Dalam penerbangan perdana pada Senin (14/3/2022), sebanyak 366 penumpang jemaah Umrah diberangkatkan menggunakan pesawat Lion Air jenis Airbus A330-300 dengan nomor penerbangan JT 1100 menuju Bandara Internasional Mohammad bin Abdul Aziz-Madinah.
Serangkaian kebijakan pemerintah tersebut merupakan respon terhadap melandainya pandemi covid-19. Tentunya, kami terus berharap pemerintah dapat mengeluarkan kebijakan-kebijakan baru agar program Pemulihan Ekonomi Nasional bisa dicapai dalam waktu yang relatif lebih cepat. Sehingga segala aktivitas dapat berjalan kembali seperti semula. (guslim – mar’ 22)